Kejuaraan Dunia Golf Junior 2023, Menpora: Baik Untuk Pembinaan Atlet Junior Tanah Air

Avatar photo
Menpora Dito
Kejuaraan Dunia Golf Junior 2023 atau Mandiri Ciputra Golf Preneur Junior World Championship 2023 resmi ditutup.
banner 120x600

Matapantura.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, secara resmi menutup Kejuaraan Dunia Golf Junior 2023 atau Mandiri Ciputra Golf Preneur Junior World Championship 2023.

Acara penutupan tersebut berlangsung di Damai Indah Golf, PIK Course, Kapuk, Jakarta. Menpora memberi apresiasi atas terselenggaranya acara itu.

“Kami dari pemerintah di Kemenpora sangat mengapresiasi khususnya Grup Ciputra yang dipimpin pak Budiarsa terkait penyelenggaraan kejuaraan dunia golf Preneur ini,” kata Menpora Dito usai menutup kejuaraan, Kamis (1/6/2023) petang.

“Apresiasi ini kami sampaikan karena ini adalah partisipasi dari grup korporasi yang sangat peduli dengan olahraga khususnya perkembangan olahraga golf di Indonesia,” tambah Menpora.

Menpora Dito menyebut, Kejuaraan Dunia Golf Junior 2023 telah banyak melahirkan atlet-atlet golf ranking terbaik di dunia.

“Seperti diketahui dari kejuaraan dunia ini sudah banyak dilahirkan atlet-atlet ranking dunianya yang sudah tinggi,” tutur Menpora Dito.

Menpora Dito juga menilai, Kejuaraan Dunia Golf Junior 2023 sekaligus untuk pembinaan atlet-atlet junior tanah air agar semakin maju dan memiliki tambahan pengalaman dalam bertanding.

Selain itu, olahraga golf saat ini lanjutnya, telah diminati banyak kalangan di masyarakat, tak hanya kalangan elit tapi juga kalangan dibawahnya.

“Jadi kegiatan ini juga untuk pembinaan atlet-atlet golf Indonesia agar olahraga golf semakin maju di. Geliat industri olahraga ini juga semakin maju, apalagi sejak pandemi olahraga golf ini yang tadinya relatif dimainkan kalangan atas tapi sekarang seluruh lapisan masyarakat sudah mulai aktif bermain golf,” sambung Menpora Dito.

“Kedepan kompetisi-kompetisi golf dari usia dini sampai senior dapat semakin banyak bisa dilakukan di Indonesia,” harap Menpora Dito.

Sebelumnya, Pendiri Yayasan Ciputra Golf Preneur dan Presiden Damai Indah Golf, Budiarsa Sastrawinarsa menyampaikan, Kejuaraan Dunia Golf Junior 2023 diikuti 104 atlet dari 12 negara peserta.

Baca juga:  Menpora Dito Meninjau Sekaligus Mengapresiasi Sarana Olahraga UI

“Kejuaraan golf junior internasional ini berlangsung pada 30 Mei – 1 Juni 2023, diikuti oleh 104 atlet muda golf dari 12 negara peserta, antara lain Indonesia, Amerika Serikat, Thailand, Singapura, Filipina, China, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Australia, dan Afrika Selatan,” ujarnya.

Pada penyelenggaraan tahun ini, terdapat nilai tambah lain bagi para peserta kejuaraan, yakni para pegolf terbaik putra dan putri kelas A, B, dan C akan mendapatkan spot untuk bertanding pada FCG Callaway World Championship ke-15 di Amerika Serikat.

“Kelompok umur peserta dibawah 19 tahun: Putra-A usia 15 – 18 tahun, Putra-B usia 12 – 14 tahun, Putra-C usia 11 tahun ke bawah. Putri-A usia 15 – 18 tahun. Putri-B usia 12 – 14 tahun, Putri-C usia 11 tahun ke bawah,” pungkas Budiarsa.

(Aziz)