Sambut HUT RI ke- 78, Menpora Apresiasi Media Kontan Gelar Turnamen Catur Cepat Beregu

Avatar photo
Catur
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri turnamen catur cepat beregu yang digelar media KONTAN di South Quarter, Jakarta.
banner 120x600

Matapantura.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri turnamen catur cepat beregu yang digelar media KONTAN di South Quarter, Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Hal itu dikatakan oleh Menpora Dito, bahwa turnamen yang bertajuk KONTAN Chess tersebut bisa menjadi program berkelanjutan.

“Apresiasi yang tinggi buat media KONTAN selaku penyelenggara turnamen catur ini. Semoga ini bisa menjadi suatu program yang berkelanjutan,” kata Menpora Dito.

Lanjutnya, Menpora Dito ingin turnamen catur ini pesertanya lebih banyak lagi dan sebagai ajang pencarian bakat atlet di bidang catur.

Saat ini, kata Dito, kompetisi yang digelar dalam satu hari tersebut diikuti oleh 16 tim yang berasal dari sejumlah perusahaan dan industri serta instansi pemerintahan.

“Nanti semoga KONTAN Chess bisa lebih masif lagi dan besar. Juga bisa dijadikan talent scouting atlet catur dan ajang pengembangan bakat,” ujar Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito bilang olahraga catur sangat lekat dengan kehidupan bermasyarakat. Ditambah lagi dengan penerapan strategi.

“Jadi ada istilah kalau main catur sebelum melangkah, pemain itu harus berpikir untuk langkah-langkah selanjutnya,” tambahnya.

Disamping itu, Menpora Dito juga berharap agar catur harus terus digaungkan lagi. Bisa diperkenalkan kepada generasi-generasi muda. Sehingga nantinya bisa menjadi atlet dimasa yang akan datang.

“Misalnya di sekolah-sekolah harus bisa digalakkan lagi. Pasti akan bermunculan bakat-bakat hebat di bidang olahraga catur. Karena kan catur ini mengasah kemampuan dan cara berpikir,” terang Menpora Dito.

Menpora Dito pun meminta para peserta yang bertanding agar bermain secara sportif. Selain itu juga turnamen ini sebagai ajang silaturahmi untuk kita semua.

“Pokoknya untuk catur ini kita dukung. Kalau bisa nanti kedepannya diselenggarakan di Kemenpora. Lalu juga nanti untuk berikutnya ditambah lagi pesertanya baik itu dari komunitas dan lain sebagainya. Selama bertanding dan semangat terus,” pungkas Menpora Dito.

Baca juga:  Hasil Sementara Medali Yang di Peroleh Indonesia Pada Klasemen SEA Games 2023

Sebelumnya, kejuaraan catur ini diawali dengan pertandingan catur simultan sebagai simbolis pembuka acara. Adapun turnamen tersebut memperebutkan total hadiah Rp. 33.500.000,- dan piala bergilir.

(Aziz)