Indonesia Berhasil Bekuk Thailand dan Menjadi Juara Pada SEA Games 2023 Dengan Skor 5-2

Avatar photo
Indonesia
Indonesia Berhasil Bekuk Thailand dan Menjadi Juara Pada SEA Games 2023 Dengan Skor 5-2.
banner 120x600

Matapantura.id – Pertandingan final pada cabang olahraga (Cabor) sepak bola putra di SEA Games 2023 yang sangat mendebarkan antara Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand.

Pertandingan final tersebut berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) malam.

Di laga tersebut Indonesia kini berhasil membuka keunggulan dengan skor 1-0 melalui sundulan Ramadhan Sananta pada menit ke-20 usai meneruskan umpan lemparan jarak jauh Alfeandra Dewangga.

Kemudian Gol itu berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Alfeandra Dewangga dari sisi kanan area penyerangan.

Sehingga Dewangga melakukan lemparan jarak jauh ke dalam kotak penalti yang mampu disundul Sananta.

Kemudian si kulit bundar yang disundul Sananta mengarah ke gawang lawan yaitu Thailand, lalu membentur paha bek Gajah Perang, Songchai Thongcham yang masuk ke gawang sendiri.

Di menit ke-45+4, Indonesia berhasil membobol gawang Thailand kembali dan skor 2-0 lewat sontekan Ramadhan Sananta meneruskan umpan jarak jauh Rizky Ridho berhasil mengelabui kiper Thailand.

Selanjutnya, pemain Thailand sempat melakukan protes karena menilai tendangan Rizky Ridho bola fair play, tapi wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Sampai pertandingan babak pertama berakhir skor tetap dan Indonesia unggul 2-0 atas Thailand di babak pertama final SEA Games 2023.

Tak hanya dibabak pertama, di babak kedua pun, pertandingan semakin memanas. Timnas Indonesia dan Thailand saling berbalas gempuran serangan.

Pada menit ke-66, Thailand mampu meminimalisir kekalahan nya dengan skor menjadi 1-2 lewat tandukan Anan Yodsangwal.

Thailand mampu membalasnya usai meneruskan umpan sepak pojok yang dilepaskan rekannya.

Selanjutnya, pada menit ke-90+8, Thailand mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Yotsakon, sehingga membuat pertandingan berlanjut ke babak pertambahan waktu.

Baca juga:  Talk Show Bersama IYD, Menpora Dito Dukung Pengembangan Wirausaha Muda di Kawasan Asean

Berjalannya awal babak extra time Indonesia berhasil cetak gol cepat melalui Irfan Jauhari di menit ke-92 melalui sontekannya.

Kendati demikian, Indonesia nyaris menambah angka lewat beberapa peluang emas yang didapat.

Peluang emas yang didapat itu dari Marselino Ferdinan di menit ke-105 yang masih melenceng tdi sisi kanan gawang Thailand.

Memasuki babak kedua tambahan waktu, Fajar Fathur Rahman mencetak gol keempat Indonesia.

Gol itu memanfaatkan lobang lini belakang Thailand, kemudian Fajar melepaskan tembakan yang tak bisa diamankan kiper Thirawoot Sraunson.

Di sisi lain, Timnas Thailand yang berusaha mengejar justru harus kehilangan pemain yang bernama Anan yang mendapat kartu kuning kedua dari sang wasit.

Kekurangan pemain skuad Gajah Perang menjadi angin segar bagi pemain Timnas Indonesia.

Pada menit akhir extra time, Beckham Putra Nugraha mencetak gol dengan mendobrak gawang lawan, sehingga mengubah skor menjadi 5-2.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim.

Kini Indonesia menang 5-2 atas Thailand dan menjadi juara sekaligus meraih medali emas dari cabor sepak bola SEA Games 2023.

Sebagai informasi, susunan pemain Indonesia melawan Thailand di Final SEA Games 2023.

Thailand: Soponwit Rakyart; Bukkoree Lemdee, Chatmongkol Rueangthanarot, Jonathan Khemdee, Songchai Thongcham; Airfan Doloh, Channarong Promsrikaew, Settasit Suvannaseat, Chayapipat Supunpasuch; Teerasak Poeiphimai, Achitpol Keereerom

Indonesia: Ernando Ari; Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Komang Teguh; Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan, Muhammad Taufany, Fajar Fathur Rachman Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman.

(Aziz)