Wamendagri bersama Komisi II DPR RI Tinjau Kawasan Rencana Pusat Pemerintahan Papua Pegunungan

Avatar photo
banner 120x600

Matapantura.id – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo bersama jajaran Komisi II DPR RI meninjau kawasan rencana pusat pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (15/6/2023).

Peninjauan tersebut merupakan rangkaian dari kunjungan kerja (Kunker) di 4 Daerah Otonom Baru (DOB) Papua yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 18 Juni 2023.

Selama kegiatan tersebut, Wempi bersama jajaran Komisi II DPR RI meninjau kondisi lokasi lahan yang direncanakan bakal menjadi Kantor Gubernur Papua Pegunungan.

Di tempat itu, rombongan disambut oleh jajaran kepala daerah se-Papua Pegunungan, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta para masyarakat yang terlihat antusias.

Tak hanya itu, rombongan juga menyimak paparan master plan yang disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua Pegunungan. Dalam kesempatan ini pula, para perwakilan dari suku-suku yang ada di Wamena turut menyampaikan aspirasinya mengenai harapan atas pembangunan di Provinsi Papua Pegunungan.

Wempi menuturkan, sebagaimana penjelasan para perwakilan suku yang hadir pada pertemuan tersebut, status lahan yang direncanakan sebagai pusat pemerintahan telah clear. Para suku yang terdapat di kawasan itu menghibahkan lahan tersebut dengan harapan pemerintah dapat memperhatikan masa depan masyarakat dengan baik.

“Artinya juga mereka sebagai pemilik lahan ini, tetapi mereka juga mengisi pusat-pusat pemerintahan yang ada di sini. Jadi memang ada intelektual-intelektual direkrut di dalam kabinet pemerintahan di DOB (Provinsi Papua Pegunungan). Jadi baik kelompok atas dan kelompok bawah diakomodir masuk, sehingga ketika semua jalan (mereka) mengurus bersama-sama,” tambahnya.

Dengan kebijakan tersebut, lanjut Wempi, tidak ada kelompok suku yang merasa dirugikan. Wempi menyampaikan, sebagaimana keterangan para perwakilan suku yang hadir, para suku sepakat bahwa penyerahan lahan ini menjadi harapan bahwa pembangunan pusat pemerintahan itu nantinya bakal memberi manfaat bagi generasi sekarang dan masa depan.

Baca juga:  Mendagri Meminta Kepala Daerah Agar Aktif Blusukan ke Pasar

“Tadi Bapak-Bapak (perwakilan suku) sampaikan terima kasih untuk mewujudkan perhatian ini. Tadi Pak Ketua Komisi II dan seluruh anggota Komisi II DPR RI bisa mengunjungi di Lembah Baliem ini, harapan kita dengan kehadiran ini menambah semangat kita untuk bisa membangun masa depan di Papua Pegunungan lebih baik,” tambah Wempi.

Wempi menjelaskan, masyarakat juga memiliki harapan yang besar bahwa pembentukan Provinsi Papua Pegunungan bakal memberikan dampak pada pembangunan dan peningkatan ekonomi.

Selain itu, masyarakat juga berharap hadirnya provinsi baru ini akan mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat di Papua Pegunungan.

Hadir pada kunjungan kali ini, ketua beserta anggota Komisi II DPR RI, jajaran pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan perwakilan Kantor Sekretariat Presiden (KSP). Selain itu, hadir pula Penjabat (Pj.) Gubernur Papua Pegunungan, jajaran Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Papua Pegunungan, serta Asosiasi Kepala Daerah Papua Pegunungan.

(Red)