Matapantura.id – Seluruh satuan kerja kantor pertanahan (Kantah) di Provinsi Banten yang menjadi lokus penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 raih penghargaan zona hijau dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Banten (ORI Banten), pada Rabu (10/1/2024).

Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala Perwakilan ORI Banten, Fadli Afriadi didampingi Kakanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten, Sudaryanto dan Kabag Tata Usaha Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Osman Affan kepada kepala kantor pertanahan di Aula Baduy Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten.

Fadli Afriadi mengatakan dalam sambutannya, seluruh kantor pertanahan tahun ini mengalami peningkatan nilai dibandingkan tahun sebelumnya dengan rincian kantor pertanahan yang mendapatkan kategori ‘A’ dengan opini ‘Kualitas Tertinggi’ diperoleh 4 kantor pertanahan.

Adapun kantor pertanahan yang mendapatkan kategori ‘A’ yaitu
kantor pertanahan Kabupaten Serang dengan perolehan nilai 91,45, Kota Tangerang 89,45, Kabupaten Tangerang 89,14, Kabupaten Pandeglang 88,80, Kota Serang dengan nilai 88,60.

Ia melanjutkan, kemudian kantor pertanahan yang mendapatkan kategori ‘B’ dengan opini ‘Kualitas Tinggi’ adalah Kantor Pertanahan Kota Cilegon dengan nilai 87,69, Kota Tangerang Selatan 87,29 dan Kabupaten Lebak dengan nilai 87,22.

“Kota Serang sebelumnya Zona Kuning menjadi Zona Hijau, secara komulatif kantah di Banten nilainya naik kalau tahun lalu tertinggi nilainya 86, tahun sekarang tertinggi nilainya 91,45,” rinci Fadli.

Fadli menambahkan, tahun lalu masih ada kantor pertanahan yang berzona kuning dan 7 kantah meraih kategori ‘B’.

“Sekarang tidak ada yang zona kuning, bahkan 5 kantah kategori ‘A’, 3 kantah kategori B,” sambung Fadli.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Sudaryanto meminta agar kantah tidak berpuas diri terhadap penghargaan yang diterima.

“Jika merasa puas maka akan stuck, kita harus selalu merasa haus akan prestasi sehingga menjadi penyemangat untuk meningkat, menanjak,” tutur Sudaryanto.

Penghargaan
Istimewa.

Sudaryanto juga mengatakan jajarannya akan senantiasa terus meningkatkan kualitas layanan.

“Kami juga akan melakukan beberapa hal sesuai arahan Pak Menteri memperbaiki layanan dan merespon semua pengaduan yang sudah tersedia melalui berbagai kanal baik konvensional maupun elektronik,” tukasnya.

(rdk)