Matapantura.id, Tangerang РSejumlah masyarakat bersyukur adanya normalisasi saluran air di Kampung Pisangan 1 Rt 02/03, Desa Sarakan, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Pasalnya, normalisasi saluran air tersebut berdampak positif terhadap masyarakat setempat, sehingga dapat mencegah terjadinya banjir disaat musim hujan.

Ketua Rt setempat mengatakan, bahwa saluran air tersebut tidak terbengkalai melainkan sedang tahap proses pengerjaan.

“Kita semua saat ini sedang dalam proses pengerjaan saluran air, dan ada beberapa tahapan juga serta menunggu beres semuanya berdiri, barulah dibongkar dan dikeruk,” kata Rt setempat kepada awak media, pada Kamis (16/11/2023).

Lanjutnya, ia juga menyampaikan, sepanjang turap tersebut nanti akan diganti, dirapihkan juga dilebarkan oleh pihak PT atau pengembang, sehingga daya tampung air lebih banyak dan mengalir ke sungai yang sudah direkomendasikan.

“Alhamdulillah masyarakat juga tidak mengeluh adanya normalisasi saluran air ini, sebelum kita melakukan tindakan semua sudah di musyawarahkan minta tanggapan dan masukan warga, tetapi semuanya sepakat serta mendukung normalisasi saluran air tersebut,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, ada beberapa dokumentasi terkait kegiatan musyawarah dan dukungan masyarakat saat itu.

“Jadi ada bukti-bukti nya saat kita semua musyawarah, mulai daftar hadir dan lainnya, sehingga masyarakat juga mendukung adanya normalisasi saluran air tersebut, semuanya yang penting tidak kebanjiran pada saat musim hujan datang,” jelasnya.

Tak hanya itu, sebelum dilakukan pembangunan normalisasi saluran air tersebut, semua pihak pun selalu berkordinasi dengan semua masyarakat setempat.

“Ya walaupun kita sudah musyawarah dan dapat dukungan masyarakat, gak sekonyong-konyong kita langsung bongkar saluran air itu, pastinya kita sosialisasi kan kembali kepada masyarakat setempat. Alhamdulillah semuanya sepakat dan positif thinking,” sambungnya.

Ia menambahkan, saluran air dari perumahan paradise juga sudah pasti ada dan mengalirnya ke sungai sekitar.

“Jadi pastinya pihak pengembang juga membuat saluran air, makanya ini adanya normalisasi saluran air kan, nantinya akan menuju ke sungai yang ada disini,” ujarnya.

Normalisasi saluran air
Foto: Proses pengerjaan normalisasi saluran air.

Di tempat yang sama, salah satu warga setempat mengapresiasi pihak manapun dalam pembangunan normalisasi saluran air. Menurutnya, tanpa adanya saluran air semuanya khawatir banjir.

“Ya alhamdulillah ada normalisasi saluran air disini, jadi semuanya rapih sehingga air nantinya dapat mengalir ke sungai dan tidak terjadi kebanjiran saat musim hujan,” pungkasnya.

(Bandi Badut)