Sambut Tahun Baru Islam, Festival Al-Azhom Kembali Digelar

Avatar photo
Festival Al-Azhom
Romi Abidin selaku Majelis Pertimbangan Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang, dan mantan ketua panitia Festival Al- Azhom di tahun pertama hingga tahun ketiga.
banner 120x600

Matapantura.id, Tangerang – Festival Al- Azhom merupakan rutinitas event tahunan di Kota Tangerang, karena sudah memasuki satu dekade atau tahun ke- 10.

Dalam rangkaian Festival Al- Azhom tersebut selalu memberikan warna baru yang tidak pernah mengecewakan. Tak hanya itu, Festival itu juga memberikan edukasi mengenai sejarah sebuah Masjid yang bernama Al- Azhom yang berada di Kota Tangerang.

Hal itu dikatakan oleh Romi Abidin, selaku Majelis Pertimbangan Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang, dan mantan ketua panitia Festival Al- Azhom di tahun pertama hingga tahun ketiga menyampaikan bahwa Festival Al- Azhom merupakan hasil inisiasi dan inovasi bersama antara BKPRMI Kota Tangerang dengan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah.

Pada Tahun 2013, kata Romi, tahun pertama Festival Al- Azhom berjalan dan konsisten hadir di Kota Tangerang hingga saat ini.

“Saat itu, tahun 2013 kami dari BKPRMI Kota Tangerang menghadap Bapak Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah. Kami meminta masukan atau ide bagaimana membuat suatu kegiatan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam atau 1 Muharram. Akhirnya, beliau memberikan masukan yaitu Festival Al- Azhom. Alhamdulillah, sampai saat ini masih rutin dilakukan dan menjadi ikon bahwa 1 Muharram akan ada Festival Al- Azhom,” jelasnya, Selasa (18/7/2023).

Ia menambahkan, Festival Al- Azhom ini membawa berbagai macam manfaat bagi masyarakat Kota Tangerang. Bukan hanya hiburan bagi masyarakat, tetapi juga mendapatkan rezeki dari hadirnya Festival Al- Azhom.

“Tentunya, festival Al- Azhom identik dengan syiar tetapi juga menghibur. Namun demikian, bukan hanya sekadar memberikan hiburan. Berbagai kajian hingga perlombaan juga dihadirkan pada festival ini. Hingga UMKM pun hadir untuk berjualan dan alhamdulillah selalu ramai oleh pengunjung bahkan hingga luar Kota Tangerang,” ujarnya.

Baca juga:  Seleksi Duta Anak Tahap Satu Kota Tangerang Mendapat Apresiasi Dari Walkot Tangerang

Setiap tahunnya, Romi mengungkapkan bahwa dukungan dari Pemkot Tangerang khususnya dari Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah dan Wakil Kota Tangerang, Sachrudin sangat tinggi. Berbagai inovasi dilakukan agar Festival Al- Azhom dapat menjadi festival nasional bahkan internasional, serta dapat menjadi salah satu ikon di Kota Tangerang.

“Alhamdulillah dukungan selalu tinggi dari Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang. Kedua sosok ini saya rasa harus menjadi panutan bagaimana beliau salah satunya melalui festival Al- Azhom memasifkan agar masjid menjadi pusat peradaban. Salah satunya, pada ramadan lalu diadakannya bazaar-bazaar di tiap masjid lingkungan yang ada di 13 Kecamatan di Kota Tangerang,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap festival Al- Azhom dapat terus berlanjut setiap tahunnya. Sehingga, Festival Al- Azhom memberikan inovasi-inovasi baru dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Festival Al- Azhom
Festival Al- Azhom.

Selain itu, pada tahun terakhir masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, Romi mengucapkan terima kasih atas segala bentuk dukungan pada festival Al- Azhom.

“Saya harap, festival Al- Azhom dapat terus berlanjut. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang atas semua dukungan bagi festival Al- Azhom. Mudah-mudahan, menjadi berkah dan dapat menjadi estafet kepada pemimpin selanjutnya agar tidak berhenti,” imbuhnya.

(Zarot)