Matapantura.id, Tangerang РPemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyambut baik usulan rancangan peraturan daerah (Raperda) insiatif DPRD yang disampaikan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Tangerang, Senin (17/7/2023).

Dua raperda tersebut menyangkut Pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan serta tentang kepemudaan.

Dalam rapat tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Tangerang H. Mad Romli membacakan sambutan Bupati bahwa Pemkab Tangerang berharap agar raperda inisiatif DPRD dapat meningkatkan efesiensi dan efektivitas proses penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Kami berharap dengan dibentuknya peraturan daerah ini, diharapkan mampu meningkatkan efesiensi dan efektivitas kinerja dalam rangka proses penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata H. Mad Romli.

Lanjutnya, ia menilai raperda tentang Pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan sangat relevan serta diperlukan. Menurut dia, kurangnya pengetahuan juga pemahaman generasi muda terhadap makna Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dapat melunturkan semangat patriotisme, nasionalisme, maupun persatuan di kalangan generasi penerus bangsa.

“Harapan kami, dengan adanya Raperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini nantinya merupakan satu strategi yang baik untuk bisa dijadikan sebagai benteng penguat ideologi bangsa yang di dalamnya terdapat nilai-nilai kepribadian bangsa yang luhur,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H. Kholid Ismail mengatakan DPRD akan membahas lebih lanjut bersama jajaran eksekutif terkait dua raperda inisiatif dan usulan Pemkab Tangerang.

“Kita menerima dan mengapresiasi atas inisiatif ini yang akhirnya akan kita bahas lebih lanjut kaitan dengan beberapa hal,” tuturnya.

(Bandi Badut)