Penuh Semangat, Perjuangan Petugas BPBD Saat Melakukan Pemadaman di TPA Rawa Kucing

Avatar photo
TPA Rawa Kucing
Foto: Semangat petugas saat tangani TPA Rawa Kucing.
banner 120x600

Matapantura.id, Tangerang – Memasuki hari ke empat, melewati waktu siang hingga malam tanpa henti ratusan petugas gabungan masih berjuang melakukan pendinginan pada kebakaran TPA Rawa Kucing.

Berbagai upaya dan dikerahkannya penanganan darat dengan pengerukan dan penyemprotan. Serta strategi baru melalui jalur udara, yaitu memaksimalkan helikopter water bombing.

Kobaran api di lokasi kejadian sudah tak terlihat. Namun, kepulan asap tebal masih menyelimuti sebagian area, terutama di area pintu tiga TPA Rawa Kucing, (23/10/23).

Walau para petugas sempat bertumbangan pada hari kedua, dimana termasuk hari yang cukup berat, karena angin kencang memancing timbulnya api, dan kepulan asap sepenuhnya menutupi area TPA dan mengganggu proses penanganan petugas.

Petugas yang bertumbangan, yakni mengalami sesak nafas, mata perih, hingga sakit kepala karena kelelahan.

Namun, ratusan petugas di hari keempat ini terlihat pantang menyerah dan tetap semangat yang terus digelorakan.

Selain itu, sinergitas seluruh pihak kian terasa, mulai dari ratusan petugas gabungan OPD Pemkot Tangerang, bantuan damkar Kota Tangsel, Kabupaten Tangerang, DKI Jakarta, Provinsi Banten dan kini dari KLHK dan BNPB.

“Kami berupaya semaksimal mungkin, terus memberikan yang terbaik, untuk progres positif di setiap harinya. Dinkes Kota Tangerang terus mendampingi kekuatan seluruh petugas. Alhamdulillah, seluruh petugas masih terus semangat pantang pulang sebelum padam,” tegas Gufron Falfeli, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang.

Lanjutnya, Gufron menyampaikan berbagai cara dilakukan untuk menjaga mental dan kekuatan seluruh personil. Mulai dari teriak dan bernyanyi bersama lagu-lagu semangat BPBD diatas tumpukan sampah, sambil menyemprotkan air dititik asap yang masih bermunculan.

“Namun, seluruh pimpinan yang tak henti berdatangan, dan stand by 24 jam di lokasi, ikut bersama memadamkan, juga terus mendampingi seluruh personil membuat energi atau kekuatan tersendiri bagi para pemadam, yang tak henti bekerja. Semangat pimpinan menjadi suntikan tersendiri bagi para personil,” tukasnya.

Baca juga:  Pabrik Furniture di Kawasan Industri Manis Tangerang Hangus Terbakar

Gufron menambahkan, seluruh petugas gabungan akan terus memberikan yang terbaik dalam penanganan TPA Rawa Kucing.

“Kami tak gentar, akan terus semangat. Pastinya terima kasih atas seluruh dukungan dan doa warga Kota Tangerang bahkan se-Indonesia, seluruh bantuan kalian juga terima kasih, jangan takut, kami petugas akan terus semangat,” tandasnya.

(Red)