Pemdes Pakualam Pakuhaji Melaksanakan Sosialisasi Pentingnya Rutin Sedot Tinja

Avatar photo
Pemdes Pakualam
Sosialisasi.
banner 120x600

Matapantura.id, Tangerang – Pemerintah Desa (Pemdes) Pakualam melaksanakan ‘Sosialisasi Pentingnya Rutin Sedot Tinja’, yang bertempat di halaman rumah Kades Pakualam, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, pada Senin (19/6/2023).

Dalam rangkaian sosialisasi tersebut dihadiri oleh aparatur pemerintah desa Pakualam, Rt, Rw, Jaro, sejumlah elemen masyarakat Desa Pakualam.

Sementara itu, Ropiudin selaku Kepala Desa (Kades) Pakualam mengatakan bahwa tentang pentingnya rutin sedot tinja untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang di sebabkan oleh limbah domestik (tinja).

“Pasalnya, hal itu merupakan sumber dari berbagai macam penyakit menular seperti diare, disentri, typus, cacingan dan penyakit menular lainya,” kata Ropiudin Kades Pakualam.

Selain itu, lanjut Ropiudin, Tujuan sosialisasi pentingnya rutin melakukan sedot tinja tersebut agar limbah domestik (tinja) yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Pakualam dan sekitarnya memiliki sarana pembuangan akhir, sehingga lingkungan tercegah dari pencemaran tinja yang dibuang disembarang tempat.

“Agar pembuangan akhir tinja tidak menjadi masalah baru bagi lingkungan, karena tinja itu nantinya akan diproses melalui unit pengolahan tinja. Tak hanya itu, tinja mempunyai nilai ekonomis dimana hasil dari pengolahan yang berupa sludge (lumpur) dapat dijadikan pupuk/kompos,” pungkasnya.

Sosialisasi
Pemdes Pakualam melaksanakan Sosialisasi Pentingnya Rutin Sedot Tinja.

“Mudah-mudahan sosialisasi yang dilaksanakan hari ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat Desa Pakualam,” tutupnya.

(Bandi Badut)

Baca juga:  Pemerintah Kecamatan Pakuhaji Tinjau Sekaligus Silaturahmi ke Rumah Janur Warga Kelurahan Pakuhaji