Kunjungan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023 ke Desa Tegal Kunir Lor

Avatar photo
Lomba Desa
Kunjungan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023 ke Desa Tegal Kunir Lor, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.
banner 120x600

Matapantura.id, Tangerang – Tim penilai klarifikasi lapangan lomba desa tingkat Provinsi Banten berkunjung ke Desa Tegal Kunir Lor, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten pada Rabu (21/6/2023).

Dalam rangkaian kunjungannya, yaitu untuk melakukan penilaian dan klarifikasi lapangan lomba desa tingkat Provinsi Banten tahun 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, H. Yayat Rohiman mengatakan selamat datang kepada tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Banten tahun 2023.

“Hari ini merupakan tahapan klarifikasi lapangan dalam lomba desa tingkat Provinsi Banten tahun 2023, yang sebelumnya Desa Tegal Kunir Lor telah melakukan ekspose di DPMPD Provinsi Banten,” kata Yayat kepada Matapantura.id, Rabu (21/6/2023).

Lanjutnya, Yayat juga menuturkan bahwa tim penilai dari Provinsi Banten kali ini akan melakukan penilaian ke lokasi Kantor Desa Tegal Kunir Lor, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

“Dalam penilaian tersebut, yang meliputi pelayanan, administrasi, pemberdayaan, pembangunan, fasilitas dan lainnya. Alhamdulillah semuanya baik dan bagus, bisa dikatakan komplit,” tuturnya.

Selain itu, kata Yayat, warga desa Tegal Kunir Lor juga sangat antusias dan penuh solidaritas dalam memajukan untuk perubahan wilayahnya.

“Alhamdulillah, desa Tegal Kunir Lor ini yang mewakilkan Kabupaten Tangerang dalam lomba desa tingkat Provinsi Banten tahun 2023. Kemudian, saya melihat juga mulai dari Kades dan jajarannya serta warganya pun ikut kompak, senantiasa berpartisipasi dalam mensukseskan wilayah Desa Tegal Kunir Lor,” paparnya.

“Semoga atas izin Allah SWT, Desa Tegal Kunir Lor yang di pimpin oleh Kades Mahpudin Kipang ini mendapatkan nilai yang terbaik dan melangkah ke tingkat nasional,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Herman selaku Kadis DPMPD Provinsi Banten, menjelaskan setelah ekspose, pihaknya melakukan penilaian atau klarifikasi langsung.

Baca juga:  Hari Santri Nasional, Pemdes Tegal Kunir Lor Bersama Para Santri Ikuti Upacara di Halaman Kantor Desa TKL Cemerlang

“Kami bersama tim datang ke Kantor Desa Tegal Kunir Lor ini untuk uji petik atau klarifikasi langsung tentang apa yang di paparkan oleh Kades Tegal Kunir Lor dalam ekspose lalu,” jelasnya.

“Perkembangan yang di lakukan desa Tegal Kunir Lor, sangat kami apresiasi dan kami anggap fantastis kemajuannya, terlihat dari sarana dan prasarana yang lengkap, infrastruktur yang cukup baik serta bagus,” bebernya.

“Dalam penilaian hari ini, Desa Tegal Kunir Lor menjadi sebuah motivasi bagi seluruh desa yang ada di Kabupaten Tangerang. Pada perlombaan desa ini tidak ada yang menang ataupun kalah, tinggal bagaimana pembinaan lanjutannya, apabila ada desa yang juara dan lolos ke istana itu bonus tambahan. Mudah mudahan Desa Tegal Kunir Lor menjadi yang terbaik dan mewakili Kabupaten Tangerang serta Provinsi Banten ke tingkat nasional,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Mahpudin Kipang selaku Kades Tegal Kunir Lor mengungkapkan selamat datang kepada tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Banten Tahun 2023, klarifikasi lapangan adalah tahapan lanjutan setelah ekspose sebelumnya.

“Tim penilai lomba desa akan menilai langsung berdasarkan apa yang telah kami sampaikan sebelumnya, ada yang ke destinasi wisata, ke Kantor Desa dan sebagainya,” ungkapnya.

“Beberapa kriteria akan dinilai dari administrasi, PKK, kesehatan, pendidikan, Bumdes sampai ke destinasi wisata. Kami berharap desa Tegal Kunir Lor menjadi yang terbaik dan melaju ke lomba desa tingkat nasional, mohon doa dan dukungannya juga dari masyarakat serta semuanya,” imbuhnya.

Lomba Desa
Foto: Kadis DPMPD Kabupaten Tangerang H. Yayat Rohiman.

Sebagai informasi, sebelumnya H. Yayat Rohiman selaku Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang resmi mengumumkan juara lomba desa tingkat Kabupaten beberapa waktu yang lalu.

Baca juga:  Cegah Stunting, TP PKK Desa Kramat Berikan Makanan Bergizi Kepada Balita

Berdasarkan surat pengumuman tertanggal 24 Mei 2023, Kepala DPMPD melalui tim penilai memberikan penghargaan kepada Desa Tegal Kunir Lor Kecamatan Mauk sebagai juara pertama lomba desa tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2023.

(Bandi Badut)