Matapantura.id, Tangerang РKepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Banten, Dr. H. Tabrani, M.Pd menghadiri sekaligus membuka acara gebyar hari besar nasional tahun 2023 yang digelar SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, pada Rabu (8/11/2023).

Menurutnya, acara gebyar hari besar nasional tahun 2023 resmi dibuka di SMKN 5 Kabupaten Tangerang pada hari ini.

Dalam rangkaian acara tersebut, terdapat lima hari besar yang dikemas dan diikuti oleh seluruh sekolah tingkat menengah atas (SMA) atau sederajat se- Provinsi Banten.

“Adapun lima hari besar itu yaitu bulan bahasa, sumpah pemuda, hari pahlawan, hari batik dan hari wayang yang disatukan dalam satu acara namanya ‘Gebyar Hari Besar Nasional Tahun 2023’. Banyak kegiatan positif yang bisa diikuti oleh siswa-siswi atau peserta dari perwakilan masing-masing sekolah dalam acara ini,” katanya saat diwawancarai oleh Matapantura.id.

Tak hanya itu, tujuan dari perlombaan ini yaitu agar seluruh siswa-siswi se- Provinsi Banten mampu meraih prestasi, menanamkan nilai-nilai kepahlawanan, semangat jiwa muda.

“Mudah-mudahan N5 Pipel ini sebutan SMKN 5 Kabupaten Tangerang ya, supaya terus bisa berprestasi, selamat kepada SMKN 5 Kabupaten Tangerang yang meraih prestasi tingkat nasional,” tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Asep Juanda, M.Hum menuturkan, pihaknya mengapresiasi acara gebyar hari besar nasional yang digelar di SMKN 5 Kabupaten Tangerang.

Selain itu, salah satu kegiatan yang diselenggarakan yaitu bulan bahasa yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda pada bulan Oktober lalu. Dimana pada butir ketiga sumpah pemuda berbunyi ‘Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia’.

“Negara Indonesia belum ada, bahasa Indonesia belum ada akan tetapi sangat luar biasa para pemuda terdahulu menggagas bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia, untuk itu momentum bulan bahasa ini patut kita jadikan sebagai hari besar nasional,” sambungnya.

Lanjutnya, ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan yang digelar SMKN 5 Kabupaten Tangerang ini menjadi motivasi bagi seluruh generasi muda dan umumnya.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, meriah, insya Allah ini bermanfaat bagi siswa-siswi se- Provinsi Banten,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Surta Wijaya, S.Kom., M.M. mengatakan, sebuah kebanggan baginya dan SMKN 5 Kabupaten Tangerang atas terlaksananya acara gebyar hari besar nasional di tahun 2023 ini.

Selain itu, acara tersebut berjalan dengan lancar atas dukungan dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan Kantor Bahasa Provinsi Banten.

“Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan Kantor Bahasa Provinsi Banten yang bertempat di SMKN 5 Kabupaten Tangerang, acara ini pun full sepenuhnya disupport olehnya, disini kami hanya memfasilitasi baik tenaga, pikiran seperti ide dan kreatif,” ucapnya.

Terlebih lagi, ada hadiah dan sertifikat yang langsung ditandatangani oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan Kantor Bahasa Provinsi Banten bagi para pemenang lomba.

“Sebanyak 33 peserta dari seluruh Provinsi Banten, kecuali Cilegon. Setiap sekolah kami harapkan semua mengikuti lomba,” bebernya.

“Tujuan gebyar hari besar nasional ini adalah menggugah rasa kebangsaan, nasionalisme dan menyalurkan seluruh bakat para siswa di sini. Alhamdulillah, acara ini didukung juga oleh semua pihak, mudah-mudahan lancar sampai puncak acaranya penutupan besok,” imbuhnya.

(Bandi Badut)