Kabupaten Tangerang Raih Juara 3 di Fashion Designer Karya Kreatif Banten 2023

Avatar photo
Fashion
Fashion
banner 120x600

Matapantura.id, Tangerang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang meraih juara tiga Fashion Designer pada acara Karya Kreatif Banten 2023, Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) & Bangga BerWisata di Indonesia (BBWI).

Acara tersebut digelar Bank Indonesia Banten yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong, Kabupaten Tangerang, 20 hingga 21 Mei 2023.

Acara Harvesting Gernas BBI tersebut diikuti perwakilan sejumlah Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten.

Para peserta memamerkan ciri khas busana masing-masing. Perwakilan Kabupaten Tangerang memilih Batik Pesona Balaraja karena memiliki filosofi tersendiri dan sarat makna dalam budaya.

Andini sebagai designer yang merancang busana tersebut menjelaskan, batik yang dikenakan Kang dan Nong sebagai peraga busana merupakan ciri khas dari daerah Balaraja.

“Asal-usul batik ini dari kata Balaraja maka dari itu di batik pesona Balaraja terdapat gambar mahkota sebagai raja dan balai sebagai tempat pertemuannya raja pada masa itu,” ujarnya.

Selain itu, Andini mengatakan Batik Pesona Balaraja mendeskripsikan struktur ekonomi wilayah Balaraja dari zaman dulu hingga sekarang.

“Pada motif Batik Pesona Balaraja terdapat motif padi dan daun merambat yang melambangkan kegiatan pertanian dan perkebunan tanah yang subur dahulu kala. Terdapat juga cerobong asap bangunan pabrik yang melambangkan perekonomian Balaraja masa kini yang dipenuhi dunia industri,” jelasnya.

Selain finalis fashion designer turut serta istri Wakil Bupati H. Mad Romli, Nina Lisnawati turut mengikuti fashion show. Nina terlihat anggun mengenakan busana batik berwarna merah.

(Bandi Badut)

Baca juga:  Pencarian Hari Kedua Korban Tenggelam di Sungai Cimanceuri Kabupaten Tangerang