Hujan Deras! Kota Jayapura di Landa Banjir

Avatar photo
Banjir
Analisis spasial inaRISK mengenai wilayah Kota Jayapura, Provinsi Papua, yang teridentifikasi memiliki potensi bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi. (Foto Sumber BNPB)
banner 120x600

Matapantura.id, Jakarta – Telah terjadi Banjir yang melanda Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Kamis (20/7/2023) petang.

Peristiwa yang terjadi pada pukul 16.30 waktu setempat atau WIT tampak mengalir deras. Laporan pada malam banjir terpantau surut.

Hal itu disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, bahwa laporan banjir berlangsung di Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, dan Kelurahan Trikora, Distrik Jayapura Utara.

“Namun, hingga kini petugas BPBD setempat masih melakukan asesmen di lokasi terdampak. Pantauan sementara menyebutkan genangan berangsur surut. Kondisi cuaca masih hujan dengan intensitas ringan,” jelas BPBD Kota Jayapura.

BPBD Kota Jayapura telah berkoordinasi dengan perangkat desa maupun distrik. Selain itu, petugas juga sedang melakukan pendataan dampak banjir.

“Saat banjir berlangsung, beberapa akses jalan terendam. Hingga kini belum ada laporan adanya korban jiwa,” ujarnya.

Sebelumnya, pihak BPBD telah mendapatkan notifikasi peringatan dini bahaya dengan status ‘waspada’. Sedangkan banjir terjadi setelah hujan lebat menguyur wilayah dua distrik.

“Prakiraan cuaca dua hari ke depan (21-22/7), Kota Jayapura masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan. Namun secara umum, wilayah Provinsi Jayapura berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” paparnya.

Sementara itu, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk mewaspadai potensi hujan yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir dan tanah longsor.

“Apabila terjadi arus deras banjir, warga diharapkan untuk segera mencari tempat aman. Hindari risiko terseret arus atau pun terperosok saat berada di area terlanda banjir,” tegasnya.

(Red)

Baca juga:  Sebuah Pabrik di Bayur Sepatan Timur Hangus Terbakar