Matapantura.id, Tangerang – Sebanyak 102 peserta calon jamaah haji di wilayah Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang mengikuti bimbingan manasik haji.

Bimbingan acara tersebut di pusatkan dan berlangsung di Aula Yayasan Al- Gina, Desa Pakualam Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, pada Kamis (11/5/2023).

Hal itu dikatakan oleh Camat H. Asmawi A, bahwa fungsi dan tujuan bimbingan manasik haji untuk menjadikan jamaah haji yang mandiri, disiplin serta banar.

“Maka tidak bergantung kepada seseorang dalam pelaksanaan ibadah haji, apabila mengetahui tata caranya kedepannya bisa secara benar, sah, tertib. Selain itu, kegiatan bimbingan manasik haji juga memang sudah terprogram dan berkesinambungan¬† dengan target para calon jamaah untuk meraih predikat mabrur,” kata Camat Pakuhaji H. Asmawi A.

Lanjut Asmawi, agar para calon jamaah haji menjaga kesehatan dan tingkatkan rasa kesabaran perlu adanya sebuah pelatihan mulai dari sekarang.

“Kami mengimbau kepada para calon jamaah haji agar senantiasa menjaga kesehatan baik sebelum pemberangkatan maupun saat pelaksanaan haji di sana, serta tingkatkan rasa kesabaran saat melaksanakan ibadah haji,” tukasnya.

Asmawi menambahkan, dirinya selalu mendoakan agar para jamaah senantiasa diberikan kekuatan, kesabaran, kesehatan saat hendak berangkat maupun sedang menjalani ibadah haji.

“Kami mengajak para jamaah haji untuk betul-betul meluruskan niat dalam menjalankan ibadah haji. Jangan lupa untuk memelihara dan menjaga kesehatan fisik karena ibadah haji sarat dengan aktivitas jasmani atau membutuhkan fisik yang kuat, jagalah sikap tutur kata dan perilaku yang baik,” ujar Camat Pakuhaji H. Asmawi A.

Asmawi berharap, dari 102 calon jamaah haji wilayah Kecamatan Pakuhaji bisa berangkat semua tanpa adanya kendala apapun.

“Semoga 102 calon jamaah haji bisa berangkat dan menjalankan ibadah haji serta menjadi haji yang mabrur, serta dikuatkan iman Islam kesehatan jasmani dan rohani,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara bimbingan manasik haji Camat Pakuhaji H. Asmawi A beserta jajarannya, Kepala KUA Kecamatan Pakuhaji, Kepala Desa Pakualam Ropiudin, Kepala Yayasan Al- Gina, Tokoh Agama dan 102 calon jamaah haji.

(Bandi Badut)