Tangerang, Matapantura.id – Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia sebelum berangkat haji adalah menyelenggarakan walimatussafar. Acara ini biasa dihadiri keluarga, kerabat, sahabat, hingga tetangga.

Begitu juga dengan Sekretaris Desa (Sekdes) Kedung Dalem, Hamilludin yang kerap disapa Emil menggelar acara walimatussafar yang bertempat dikediaman orangtuanya, di Desa Kedung Dalem, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 15 Mei 2024.

“Alhamdulillah, insya Allah saya akan berangkat ibadah haji untuk menunaikan rukun islam yang ke lima,” kata Sekdes Kedung Dalem Hamilludin kepada awak media.

Ia menjelaskan, bahwa pendaftaran ibadah haji pada tahun 2010, dengan kesabaran serta doa dari keluarga, sahabat, kerabat, tetangga juga rekan-rekan wartawan dan LSM dikabulkan.

“Doakan kami supaya berkah selamat ke tanah suci dan dapat kembali dengan selamat ke tanah air tanpa kekurangan apapun, sehingga bisa berkumpul kembali dengan keluarga tercinta,” ucapnya.

Walimatussafar
Antusias keluarga, kerabat, sahabat, tetangga juga masyarakat yang menghadiri acara walimatussafar di kediaman orangtuanya Sekdes Kedung Dalem Hamilludin.

Ia mengatakan, saat keberangkatan nya hanya sebuah doa yang diharapkan dari semua keluarga dan lainnya.

“Kami hanya minta doa dari semuanya, agar selamat sampai tujuan dan dapat kembali ke tanah air untuk melaksanakan tugas sebagaimana mestinya untuk mengabdi dan melayani kepada warga sesuai tupoksi sebagai Sekdes. Doakan kami, insya Allah untuk menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa (Kades) Kedung Dalem Suryadi mengungkapkan bahwa Sekdesnya akan menunaikan ibadah haji.

“Saya beserta jajaran dan keluarga mendoakan Sekdes Kedung Dalem Hamilludin diberikan kekuatan, kesehatan, perlindungan, keselamatan, dan menjadi haji mabrur,” ungkapnya.

Walimatussafar
Saat Sekdes Kedung Dalem Hamilludin menerima tamu.

Ia menuturkan, bahwa Sekdes Kedung Dalem Hamilludin akan mengambil cuti selama 40 hari untuk menunaikan ibadah haji.

“Mudah-mudahan selamat sampai tujuan dan kembali ke tanah air tanpa kekurangan apapun, sehingga bisa kumpul dengan keluarga, kerabat, sahabat, tetangga juga masyarakat Kedung Dalem,” tuturnya.

Walimatussafar
Situasi di siang hari dikediaman orang tua Sekdes Kedung Dalem Hamilludin.

Di tempat yang sama, H Muktar staf bidang pemerintahan di Kecamatan Mauk mengucapkan,”Semoga beliau berkah selamat dalam menunaikan ibadah hajinya dan menjadi haji yang mabrur, serta bisa kembali ke tanah air dan kembali bertugas,” pungkasnya.

(Iwan/Bandi)