Matapantura.id, Tangerang – Sinergitas orang tua atau wali murid dengan pihak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pakuhaji dalam rapat koordinasi (Rakoor) terkait pencegahan aksi tawuran antar pelajar.

Rakoor tersebut berlangsung di SMP Negeri 1 Pakuhaji, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, pada Rabu (8/10/2023).

Deden Kusuma S.H salah satu wali murid mengatakan bahwa dirinya inginkan semua sekolah selalu mengadakan rapat bersama orang tua atau wali murid.

“Ya apabila rapat tersebut sering dilakukan, pastinya meminimalisir aksi hal yang tidak kita inginkan. Dengan demikian, semua siswa-siswi terawasi baik di dalam sekolah maupun luar sekolah,” katanya, kepada awak media, Senin (23/10/2023).

Lanjutnya, ia juga menuturkan pihak sekolah butuh bantuan pengawasan diluar, yaitu peran aktif para orang tua atau wali murid dalam mengawasi anak-anaknya.

“Sebagai orang tua atau wali murid, saya mendukung rapat yang dilakukan oleh pihak sekolah dengan para wali murid lainnya, agar mengetahui pengembangan dari anak-anak tersebut,” tuturnya.

“Saya minta kepada pihak sekolah untuk melakukan pembinaan dan pendekatan kepada para siswa serta berkoordinasi dengan para orang tua atau wali murid, untuk bersama-sama agar tidak terjadi aksi tawuran antar pelajar, bolos sekolah, narkoba dan lainnya,” sambungnya.

SMPN 1 Pakuhaji
Foto: Sinergitas orang tua atau wali murid dengan pihak SMPN 1 Pakuhaji.

Di tempat yang sama, Wadi mantan kepala sekolah sekaligus wali murid menyampaikan, bahwa orang tua pun sama pentingnya berperan untuk melakukan pengawasan untuk mencegah kenakalan remaja. Terlebih mengenai penggunaan media sosial dan kegiatan saat di luar sekolah.

“Orang tua harus bisa membantu dan masyarakat terutama di lingkungan. Jadi, mulai sekarang perkuat kolaborasi dan koordinasi antara sekolah, orang tua dan masyarakat untuk bersama-sama mencegah aksi tawuran antar pelajar tersebut,” ucapnya.

(Bandi Badut)