Matapantura.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang menggelar sosialisasi peluang kerja ke Jepang di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Kabupaten Tangerang.

Sebanyak 50 peserta dari kalangan alumni SMKN 5 Kabupaten Tangerang ikut dalam sosialisasi perluasan kesempatan kerja di luar negeri tersebut.

“Terdapat 50 orang peserta yang hadir dalam acara tersebut. Peserta merupakan alumni dari SMKN 5 Kabupaten Tangerang,” kata Rudi Hartono Kadisnaker Kabupaten Tangerang, Kamis (3/8/2023).

Rudi juga menuturkan, bahwa kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Iis Kurniati dan dari Lembaga Pelatihan Kerja Mogi dan konsultan peluang kerja dari Jepang.

“Peserta yang akan bekerja ke Jepang perlu siap fisik dan mental, kemampuan bahasa dan keterampilan, siap dokumen, dan siap pengetahuan tentang negara tujuan,” tuturnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Tangerang Rudi Hartono menyampaikan, penempatan kerja tidak hanya di dalam negeri tetapi peluang kerja untuk ke luar negeri bisa dilaksanakan untuk menurunkan angka pengangguran.

“Kami berharap masyarakat Kabupaten Tangerang akan bekerja ke luar negeri dapat mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau secara prosedural sehingga kasus pemberangkatan PMI non prosedural tidak ada lagi,” ucapnya.

(Red)